Putri Laut, Sang Hantu Laut Kokas

Menyusuri gugusan pulau karang elok di Kokas pada tanggal 13 Oktober 2010, longboat kami berhenti di bawah salah satu pulau karang di depan Kampung Fior. Pada tebing batu terlihat suatu kotak semen yang berbentuk seperti kuburan. Di sekitarnya terdapat beberapa tengkorak dan tulang belulang.

“Ini adalah kuburan putri laut”, kata Pak Salimin yang membawa kapal kami. Kami pun bingung siapa yang disebut dengan putri laut dan mengapa dibuatkan kuburan di tebing pulau karang. “Ya putri laut adalah hantu laut”, jawabnya.

Kuburan Putri Laut

Kuburan Putri Laut

Ada yang menyebut tempat tersebut sebagai kuburan putri laut, dan ada yang menyebutnya sebagai tempat tidur putri laut. Masyarakat kampung sekitar sekali-kali datang ke tebing tersebut untuk meletakkan tembakau, sirih pinang, pakaian, atau uang sebagai persembahan kepada putri laut. Saya jadi teringat bahwa sebelumnya saat kami mendekati salah satu pulau, Pak Salimin mematahkan beberapa batang rokok dan kemudian membuangnya ke laut. Semacam persembahan kepada penguasa laut daerah tersebut.

Saat kami menanyakan kepada beberapa warga daerah Kokas sejak kapan situs putri laut tersebut ada, tidak ada yang dapat menjawab. “Sudah ada sejak lama”, kata seorang bapak, “cerita mengenai putri laut sudah turun menurun dari anak ke cucu dan seterusnya”. Warga Kokas percaya bahwa putri laut adalah hantu laut yang berbentuk manusia namun bisa menjelma menjadi apapun. Juga bahwa permintaan kita mungkin dapat dikabulkan oleh putri laut selama persyaratannya sesuai. Yang dimaksud dengan persyaratan adalah persembahan yang kita berikan. Menurut seorang warga setempat yang pernah menyelam di situs tersebut, di bawah laut terdapat undakan-undakan batu yang menyerupai tujuh tangga menuju tempat tidur sang putri laut.

Apapun cerita tentang putri laut, kepercayaan bahwa hantu laut bukan sekedar mitos bukan hanya di daerah Kokas. Di Raja Ampat banyak cerita dari orang-orang yang mengaku melihat hantu laut. Kadang berupa cahaya di atas air seperti kunang-kunang, dan ada beberapa yang bisa melihatnya berbentuk manusia. Terkadang sebagai putri yang cantik. Layaknya Nyi Roro Kidul di Jawa Barat, Putri Laut adalah penguasa laut di Kokas.

Percaya atau tidak mengenai adanya hantu laut, saya percaya bahwa banyak cerita atau mitos yang diturunkan dari nenek moyang adalah demi kebaikan. Dan ini adalah salah satunya. Untuk mengingatkan kita agar tidak berlaku semena-mena di dan dengan alam. Mengingatkan kita untuk selalu menghormati alam. Baik di darat maupun di laut.

[Tulisan dan foto dibuat dalam rangka Program Aku Cinta Indonesia (ACI) Detikcom 2010]

Advertisements